T.Mesin

  • Sharebar

Jurusan Teknik Mesin (S1), berkreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (SK No. 023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010. Tgl. 29 Oktober 2010.

Visi
”Menjadi jurusan teknik mesin yang unggul dan terkemuka dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan akhlak di Asia Tenggara”.

Misi
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran secara profesional, berstandar mutu, dinamis dan islami.
2. Meningkatkan dan mengembangkan penelitian bidang teknik mesin yang mendukung peningkatan potensi sumber daya alam lokal maupun nasional
3. Menyelenggarakan kegiatan aplikatif bidang teknik mesin dimasyarakat untuk meningkatkan wawasan bidang teknik mesin guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

4. Meningkatkan dan mengembangkan sistem kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan profesionalisme atas dasar nilai-nilai Islami
5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang berorientasi pada mutu dan profesionalisme
6. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta.

Tujuan
1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional sesuai bidang keahlian, memiliki jiwa kewirausahaan, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi secara efektif, mampu bersosialisasi dengan disiplin ilmu lainnya dan mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim kerja dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung tinggi etika profesi
3. Menghasilkan produk penelitian yang mendukung peningkatan potensi sumber daya alam lokal maupun nasional.
4. Meningkatkan wawasan masyarakat di bidang teknik mesin guna mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sasaran
1. Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu teknik mesin di tengah-tengah masyarakat pengguna
2. Mampu menganalisa dan memberi solusi terhadap permasalahan teknik mesin di masyarakat.
3. Mampu menjalin komunikasi dan bersosialisasi secara efektif di masyarakat dengan menjunjung tinggi etika dan ahlak islami
4. Mampu menyelenggarakan penelitian dan menganalisa hasil penelitian dibidang Teknik Mesin

Tatapamong, Kepemimpinan dan Sistem Pengelolaan
• Ketua jurusan : Sehat Abdi Saragih, ST. MT.
- bertanggung jawab atas terlaksananya pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dalam cabang ilmu teknik mesin.
- Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum
- Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi.
• Sekretaris Jurusan : Dody Yulianto, ST. MT.
- Menyusun dan mengumpulkan daftar nama tenaga pengajar dan jadwal perkuliahan setiap semester pada Ketua Jurusan.
- Membantu pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran
• Ka. Laboratorium : Ir. Syawaldi, MSc.
- Melayani kegiatan pratikum bagi staf pengajar dan mahasiswa baik untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat
- Mempersiapkan sarana penunjang Laboratorium untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
- Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengembangan sarana laboratarium sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan ilmu dan teknologi.
• Kelompok Pengajar/Dosen : Semua staf Pengajar/dosen yang terdapat di Jurusan Teknik Mesin, diantaranya adalah:
- Ir. N. Perangin Angin
- Ir. M. Natsir D, MT.
- Ir. Syawaldi, MSc.
- Ir. Irwan Anwar
- Kurnia Hastuti, ST., MT.
- Eddy Elfiano, ST.